Laman

Senin, 01 Februari 2010

Kencing Manis Datang Tanpa Diduga

Oleh: dr. Basir Alhamdani
Harian Suara Karya, 30 Nopember 1989

Banyak penderita yang datang ke Praktek dokter, secara tidak sengaja mengidap penyakit kencing manis. Sebagai contoh seorang yang mengeluh berat badannya menurun secara drastis, walaupun makan cukup banyak. Ada lagi seorang mengeluh gatal - gatal di kulit tanpa ada kelainan di kulit. Ada pula yang mengeluh tenaga kejantanannya menurun. Disamping ada juga yang mengeluh sering kali kencing disamping adanya rasa haus yang terus menerus. Kencing manis suatu penyakit yang kadangkala tidak disadari oleh penderitanya. Keluhan yang menyolok tidak tampak tetapi penyakit ini tanpa adanya suatu pengontrolan yang sebaik-baiknya dapat menimbulkan akibat serius bagi tubuh, karena menimbulkan komplikasi pada organ-organ yang lain di tubuh.
Sekali seseorang dinyatakan menderita kencing manis, berarti orang tersebut selama hidupnya tetap menderita kencing manis. Tidak ada istilah penyakit kencing manis sembuh, yang ada penderita terkontrol sehingga dalam pemeriksaan darah kadar gulanya normal dan pemeriksaan air seni tidak dijumpai adanya gula. Penderita kencing manis yang terkontrol:
1. Dapat juga diit/pengaturan makan saja tanpa obat-obatan
2. Dengan obat-obatan disertai diit yang baik.
Ada suatu motto bagi penderita, kencing manis "lebih baik lupa obat tetapi jangan lupa pengaturan makanan". Seorang penderita kencing manis, harus dapat menahan nafsu makannya. Harus benar dapat mengendalikan nafsu makannya, harus ingat akibat-akibat yang mungkin terjadi dari kecerobohannya.
Di dalam praktek seringkali dijumpai seorang mengemukakan, tempo hari saya pernah menderita kencing manis tetapi sekarang sudah sembuh. Benarkah orang tersebut sembuh dari kencing manisnya? Pernyataan sembuh dari penyakitnya, berdasarkan setelah pengobatan yang sebenarnya hanya terkontrol saja. Apabila orang tersebut makannya tidak terkendali lagi, pasti penyakitnya akan kambuh lagi. Walaupun penyakitnya kambuh seringkali penderitanya tidak menyadari. Timbulnya komplikasi secara perlahan-lahan sehingga tidak terdapat suatu keluhan. Apa sebenarnya penyakit kencing manis itu?
Penyakit kencing manis terjadi akibat gangguan metabolisme karbohidrat, protein dan lemak, yang disebabkan oleh kurang efektifnya insulin dan berlanjut dengan degenerasi vasculer dalam tubuh. Insulin adalah suatu hormon yang dihasilkan oleh kelenjar ludah perut atau disebut juga Pancreas. Pancreas suatu alat pencernaan yang besar yang terletak di belakang perut dan melintang pada bagian belakang. Insulin dihasilkan oleh sel beta pancreas yang mempunyai efek terhadap metabolisme karbohidrat. Insulin ini mengatur kadar gula di dalam darah, yang pada umumnya kadar tetap dan bervariasi sedikit. Akibat terganggunya produksi insulin akan menimbulkan gangguan metabolisme, efek terjadi secara perlahan-lahan pada pembuluh darah kecil-kecil disebut Microangiopathy. Akibat gangguan pada pembuluh darah ini menimbulkan gangguan pada:
- Alat-alat ginjal menimbulkan suatu penyakit disebut Nephro Sclerose diabetie nephropathy.
- Pada jantung - pembuluh darah yang memberi makan otot jantung dapat menyempit akan menimbulkan angina pectoris dan keadaan berat menimbulkan Infarct Myocard. Jangan terkejut kalau ada, penderita kencing manis mati mendadak.
- Mata, karena penyempitan pembuluh darah Retina mudah pecah disebut Retinopathia diabetics, disamping timbul cataract lebih awal.
- Gangguan-gangguan organ lain di tubuh dapat timbul karena adanya penyempitan pembuluh darah.

Gejala-gejala
Harus diingat bahwa gejala kencing manis tidak akan segera timbul. Banyak penderita kencing manis tidak sadar di dalam tubuhnya mengidap penyakit ini. Gejala yang perlu dicurigai antara lain:
- Penurunan berat badan secara cepat, kemungkinan disebabkan kencing manis, proses keganasan, dapat pula kelebihan hormon gondok yang disebut Hyperthyroid.
- Keluhan pokok, sering kali kencing, merasa haus dan cepat lapar, sehingga banyak minum dan banyak makan.
- Keluhan akibat komplikasi yang mungkin timbul diantaranya adalah, rasanya gatal di kulit, impotensi pada pria, nafsu besar tenaga kurang.
- Sering kali semutan di ujung-ujung tangan dan kaki (penyebab lain ada).
- Sering kali kembung, buang air besar tidak teratur, gangguan kencing. Hal ini disebabkan gangguan otot kandung kemih.
- Mata kabur.
- Luka tidak sembuh - sembuh.
- Darah tinggi.
- Keputihan, gangguan menstruasi.
- Riwayat persalinan kurang baik.
Gejala komplikasi ini tidak monopoli penyakit kencing manis, tetapi apabila dijumpai gejala tersebut seorang dokter pasti berpikir ke arah kencing manis, disamping kemungkinan lainnya. Sehingga untuk membuktikan diperlukan pemeriksaan lainnya secara lengkap.

Pengobatan Kencing Manis
Penderita kencing manis menyadari bahwa:
- Sekali dinyatakan kencing manis berarti seumur hidup menderita kencing manis.
- Istilah sembuh sebenarnya tidak ada, yang ada ialah terkontrol dikarenakan diit / pengaturan makanan yang baik secara terus menerus.
- Diit adalah paling utama bagi penderita kencing manis. Pemakaian obat kencing manis, harus disertai pengontrolan yang rutin.
- Segala yang terasa manis harus dihindari dan mintalah nasehat dokter anda untuk diitnya.
- Lebih baik lupa obat tetapi jangan sampai lupa diit.
Kadangkala penderita kencing manis, tanpa obat dapat diatasi cukup dengan diit saja. Pemakaian obat kencing manis, bervariasi ada yang cukup 1/2 tablet sehari dengan diit tertentu, ada yang pagi satu, sore 1/2 dan seterusnya. Pemakaian obat-obat ini apabila ingin efektif dilakukan pengetesan gula urine sendiri setiap hari, sampai dicapai kesimpulan penggunaan obatnya. Sebagai contoh bangun tidur di test, dua jam setelah makan di test, kemudian malam hari di test lagi. Dengan cara demikian dapat mengatur pemakaian obat dengan diit makanan tertentu. Sebaliknya pemeriksaan yang hanya dilakukan di Laboratorium klinik pada saat-saat tertentu, kurang efektif apabila tidak dibantu pemeriksaan sendiri.
Sekali lagi penulis tekankan, selain pemeriksaan di Laboratorium, harus disertai pemeriksaan sendiri di rumah, lakukanlah pencatatan-pencatatan. Sehingga penderita kencing manis dapat memperkirakan diit yang tepat bagi dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar