Laman

Rabu, 01 Juli 2009

Agar terhindar dari sindrom premenstruasi

Kurangi minum air jelang menstruasi
Harian SURYA, 30 Nopember 1992

MENJELANG menstruasi, sering wanita mengeluh mudah muak, tertekan, pusing, perut kembung, mudah tersinggung dan berbagai keluhan lainnya. Ada juga yang marah-marah tanpa penyebab yang jelas. Jika Anda termasuk demikian tak perlu gusar. Di dunia ini jutaan wanita mengalami gangguan yang disebut sebagai sindrom premenstruasi (SPM). Umumnya gangguan-gangguan itu akan hilang dalam dua hari, namun pada beberapa orang baru hilang dua minggu kemudian.
Gejala fisik yang timbul antara satu wanita dengan wanita lainnya belum tentu sama. Yang acap kali terjadi adalah :
^ Pembengkakan payudara dengan sedikit nyeri.
^ Ada juga yang seluruh bagian tubuhnya membengkak. Pembengkakan tubuh dan menggembungnya perut ini berkaitan dengan penimbunan air. Itu sebabnya, sebaiknya beberapa hari sebelum menstruasi jangan terlalu banyak minum. Di samping itu batasi masukan garam, karena garam membantu menimbun air, dengan cara menahan air untuk tidak keluar melalui ginjal.
^ Timbul bercak pada kulit atau bintik-bintik, infeksi pada vagina.
^ Penderita ayan, asma, nyeri sebelah kepala, dan infeksi pada selaput mata, kondisinya kian menurun.
^ Bagi pemakai lensa kontak pada lensanya seolah terasa tidak nyaman dipakai, dan mata terasa terganggu.
SPM terjadi akibat ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Pengobatan hormonal yang ditujukan untuk menyetimbangkan hormon, tanpa memperhatikan dosis yang tepat juga menyebabkan munculnya gejala-gejala semacam itu. Karenanya, bagi yang tidak cocok dengan pengobatan hormonal, ada alternatif lain, yaitu dengan diet. Namun diingatkan para ahli, diet yang buruk menyebabkan kerja hormon terganggu, akibatnya wanita menjadi lebih peka.
Yang menjadi pertanyaan, wanita yang sehat dengan kadar hormon seimbang pun ternyata menderita SPM. Menurut para ahli, SPM ini meningkat seiring dengan meningkatnya jenis-jenis makanan sehat. Itu sebabnya beberapa ahli menganjurkan diet terhadap makanan tersebut, di samping olahraga, masase.

Diet
Diet terutama bagi yang kehilangan nafsu makan, sebaiknya makan lima kali atau enam porsi kecil setiap hari dengan menu seimbang. Takaran itu sebagai pengganti porsi makan tiga kali sehari.
Makanan seimbang yang dimaksud tidak lain makanan dengan komposisi :
^ Vitamin B6 dan magnesium -- mengatasi perasaan tegang, marah- marah, mudah tersinggung, dan cemas. Vitamin B6 dijumpai pada kuning telur, hazelnut (sejenis kemiri), hati, ginjal, ikan cod (penghasil minyak ikan), ikan Salem, sarden, susu, cereal, roti murni, ragi, beras. Sedang magnesium (Mg) banyak terdapat pada sayur-sayuran seperti brokoli, kol, wortel, buncis, bawang putih, jamur, kentang berkulit, tomat, kacang mede, susu, apel, buah prem, anggur, jeruk.
^ Vitamin E, B6 dan magnesium -- untuk mengatasi pertambahan berat badan, pembengkakan dan nyeri payudara, serta perut kembung. Vitamin E terdapat pada bunga matahari atau minyaknya, tomat, pisang, bayam, wortel, kacang panggang, telur, beras merah, kol.
^ Makanan kaya kromium, vitamin E, C dan magnesium -- untuk melawan nyeri kepala, makanan manis-manis, bertambahnya selera makan, jantung berdebar, letih, perasaan melayang. Vitamin C dijumpai pada kentang, kol, bayam, lemon, tomat, melon, jambu batu, jeruk. Kromium terdapat pada ayam, kol, wortel, kacang hijau, selada, kentang, jamur merang, bayam, apel, pisang, jeruk.
^ Pastikan diet Anda banyak mengandung vitamin E, vitamin B6, magnesium --untuk mengurangi perasaan tertekan, mudah lupa, mudah terharu (menangis), bingung, serta tidak bisa tidur.

Masase
Untuk menanggulangi nyeri otot, leher, dan pundak yang tegang, Anda bisa melakukan masase sendiri. Tindakan ini akan menghilangkan keluhan SPM.
Caranya, duduk di kursi atau meja, kemudian rendahkan pundak perlahan istirahatkan siku pada meja. Putar kepala dan perlahan gosokkan jari-jari sepanjang leher dengan arah naik turun, sambil menekan ke leher. Pertama-tama urutlah tulang belakang leher. Gerakkan tangan ke samping, selanjutnya urut naik turun sepanjang otot leher. Rentangkan jari-jari dan tekankan ke bawah rambut--usap dari bawah ke atas dahi dan kening samping. Letakkan tangan kanan di pundak kiri dan lakukan masase pelan-pelan berulangkali pada otot-otot pundak.
Berenang, merupakan gerak badan yang dapat mengurangi ketegangan otot rahim dan ketegangan pundak dan anggota tubuh bagian bawah. Cara lain, dengan berbaring di lantai atau meja rendah, perut diganjal bantal. Kemudian lakukan gerakan seperti berenang.
Sebenarnya,latihan otot punggung yang baik adalah dengan cara telentang, kaki lurus, tangan di samping pinggang. Tekankan punggung ke arah lantai, ikuti dengan relaksasi. Ulangi sampai sepuluh kali. (rma/WK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar