Laman

Kamis, 05 November 2009

Cokelat dapat Membuat Kecanduan

Mingguan MIMBAR KARYA, Minggu IV September 1996

Di Laboratorium di seluruh Amerika Serikat para ilmuwan mencoba-coba berbagai macam ramuan mencari campuran bahan-bahan istimewa cokelat (chocolate bar) tanpa lemak (fat) untuk memuaskan pencinta cokelat tetapi takut gemuk.
Para peneliti itu, dipacu oleh perkembangan konsumen yang menyadan risiko terlalu banyak memakan makanan berlemak, bekerja keras mengurangi kandungan lemak dalam permen cokelat dan mungkin juga membuat batang cokelat tanpa lemak sama sekah.
Separuh wanita yang disurvai dalam buku Why Women Need Chocolate tahun 1995 berpendapat cokelat lebih penting dari pada seks. Sayangnya ketakutan menjadi gemuk karena memakan cokelat dengan kandungan lemak yang tinggi itu, mengabaikan kenikmatan dari mereka berpantang cokelat.

Rendah Lemak

Beberapa bulan yang lalu pencinta cokelat yang takut terlalu banyak lemak mendapatkan kesempatan menikmati lagi cokelat jenis baru dengan kandungan lemak rendah dan pembuatnya menikmati keuntungan dari penjualan awal itu.
M&M/Mars, perusahaan pembuat cokelat terkenal, meraup hasil penjualan cokelat rendah lemak buatan mereka, Milky Way Lite, hingga 22 juta dollar AS. Pembuat cokelat lainnya Hershey Foods dan produk cokelat rendah lemaknya Sweet Escape menghasilkan 17 juta dollar AS. Demikian diungkapkan oleh Information Resources Inc, perusahaan survai pasar di Chicago.
Pembuat cokelat, khawatir diasingkan orang Amerika yang menurut perkiraan Asosiasi Pabrik cokelat membelanjakan uang 11 milyar dollar tahun lalu dengan rata-rata satu orang memakan lima kilogram cokelat, takut tidak berhasil dengan formula cokelat istimewa itu. Rupanya produk cokelat rendah lemak berhasil menarik kembali sebagian penggemar yang sudah lama berpantang cokelat.
Wanita berumur belasan tahun sampai 40-an tahun yang meninggalkan cokelat karena lemak dan kalori tinggi adalah pembeli utama Milky Way Lite, menurut Marlene Machut, manajer urusan luar negeri M dan M / Mars begitu baiknya penjualan produk baru itu hingga melipatgandakan proyek penjualannya tahun ini. Sedangkan menurut Herhey Foods produk cokelat rendah lemaknya menolong mereka mencapai penjualan tinggi kwartal kedua tahun 1996 ini.
Keberhasilan itu Schneider, penerbit dan redaksi majalah Chocolation magazine yang menilai orang Amerika memakan banyak makanan tanpa lemak di dunia dan mereka juga memiliki pinggang yang lebar.
Usaha menciptakan cokelat enak rasanya tanpa lemak masih jauh itu, "Kami sendiri mencoba mencari coklat bebas lemak," kata Machut. "Sangat sangat sulit sekali dicapai," kata Machut.
Mengapa pengetahuan kimia modern saat ini tidak memberikan lebih banyak kemajuan? Padahal pembuat es krim dan kue membuat langkah jauh setahun atau dua tahun terakhir ini dalam pengembangan produk lezat mereka tanpa lemak.

Caranya

Teoritis kemungkinan menciptakan coklat batangan tanpa lemak, menurut para ahlinya, terutama dengan mengurangi atau mencari alternatif pengganti lemak cokelat (cocoa Butter) yang berfungsi sebagai pengikat bahan campuran cokelat, termasuk bubuk cokelat dan gula.
Salah satu cara ialah dengan mengurangi ruang antar butiran bahan coklat itu, bagaikan bola basket dimuat dalam satu ruangan kata Gregory Ziegler, guru besar ilmu pangan dari Penn state University yang meneliti cara itu. Jika bola-bola basket itu bisa dikurangi ukurannya sampai sebesar bola tenis atau bola golf maka bahan bubuk itu membutuhkan lemak lebih sedikit untuk mengikatnya.
Untuk membuat coklat tanpa lemak sama sekali, maka para ahli kimia itu harus mengganti cocoa butter dengan pengikat tanpa lemak. Es krim lebih berhasil menggunakan bahan bebas lemak karena air yang membeku bisa menirukan rasa yang diberikan cokelat itu mencair di dalam mulut "Esensi rasa enaknya cokelat ketika mulut merasakannya dan rasa itu muncul dari lemak cokelat," kata Kathy Kempke, analis pasar dari Grace Cocoa Chocolate Americas, Milwaukee.
Kalaupun para ahli klmia itu berhasil mendapatkan pengganti Cocoa butter bebas lemak, sejumlah ahli meragukan bisa berhasil memuaskan penggemar cokelat, karena tubuh mereka yang sudah terkondisi sejak masih kecil bagaimana sensasinya cokelat tetap mengharapkan cokelat penuh lemak yang menyediakan kalori pada tubuh, yang pada dasarnya hanya dalam waktu singkat itu. "Otak membuat kita menyukai cokelat karena lemaknya," kata Dr. Linda Battoshuk, ahti organoleptik dari Yale University School of Medicine, "jika lemaknya mengetahuinva," kata Barroshuk menjelaskan.

Kecanduan

Mungkin usaha para ilmuwan itu mencari pengganti lemak cokelat dengan masih tetap memuaskan penggemar cokelat bisa gagal jika mereka memperhitungkan hasil penelitian Prof Daniele Piomelliti dan rekan-rekannya dari Neorosciences Insitute di San Diego yang menyimpulkan coklat membuat yang memakannnya menjadi kecanduan.
Piomelli dan rekan -rekannya melaporkan temuan mereka dalam jurnal sains Nature akhir Agustus 1996. Mereka menemukan bahan kimia lainnya dalam cokelat yang bersifat ketagihan. Kerja bahan kimia itu seperti efek cannabis atau hemp atau meriyuna pada otak.
Mereka mencari adanya sejenis molekul golongan anandamide karena anandamide adalah lipida otak atau lemak Cokelat asli meneandung lemak tinggi. Menurut mereka anandamide bertindak bagaikan neurotranmitter, bahan kimia yang membawa sinyal antara sel otak.
Dalam cokelat hitam mereka menemukan tiga versi anandemide yang masuk dalam golongan N-acylethanomines. Mereka memperkirakan tiga bahan itu bisa meniru efek psikoaktif cannabis pada otak, secara langsung dengan mengaktifkan reseptor dalam sel otak yang bereaksi pada cannabis atau secara tidak langsung meningkat jumlah anandemide.
"Obat-obatan cannoboid diketahui mempertinggi sensitivitas dan menimbulkan perasaan senang. Efek yang mungkin timbul dari meningkatnya jumlah anandamide bisa menjelaskan mengapa menimbulkan kecanduan,'" demikian tulis mereka.
Sebelum itu penelitian menjelaskan daya pikat coklat terpusat pada phenylethylamine. Ampehtamine sejenis bahan kimia atau obat yang mirip dengan andrenalin yang meningkatkan tekanan darah, dan membuat yang memakannya lebih segar atau kadang merasa senang. Sejumlah penelitian juga membuktikan amphetamine diproduksi ketika seseorang jatuh cinta.
Mencari formula cokelat tanpa lemak yang bisa memuaskan pecandunya semakin sulit, karena cokelat batangan selain mengandung N-acylethanolamines juga mengandung kafien yang dikenal dengan nama theobromine. selain itu, cocoa butter mencair pada suhu badan artinya cokelat murni asli mencair di mulut dan memberikan sensasi yang sangat nikmat.
Mungkin satu waktu cokelat juga akan dilarang karena menjadi makanan yang membuat kecanduan dan termasuk makanan tidak sehat karena menggemukkan.
(KPS).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar