Laman

Selasa, 22 Maret 2011

Manfaat Tidur Siang Menurunkan Tekanan Darah Mencegah Stres

Tidur siang terkadang dianggap hanya dilakukan oleh orang-orang pemalas. Hal ini membuat para ahli melakukan penelitian adakah manfaat dari tidur siang. Ternyata, tidur siang memiliki sebuah manfaat yaitu menurunkan tekanan darah.

Studi yang dilakukan peneliti dari Allegheny College di AS, menemukan bahwa 45-60 menit tidur di siang hari bisa membantu menurunkan tekanan darah setelah mengalami stres dan tekanan saat beraktivitas, ketimbang orang yang tidak tidur.Pada studi ini, peneliti mempelajari 85 siswa sehat yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok yang tidur siang selama 60 menit dan yang tidak tidur siang.

Hasil temuan menunjukkan bahwa siswa yang tidur siang selama antara 45-60 menit memiliki tingkat tekanan darah lebih rendah secara signifikan selama fase pemulihan pasca-kegiatan (tidur siang) dibandingkan siswa yang tidak tidur. Percobaan ini membuktikan bahwa tidur siang memberikan manfaat penyembuhan dan protektif.

Dengan tidur siang, Anda selain menghilangkan rasa ngantuk, dapat juga mengurangi stres yang berujung pada berkurangnya risiko penyakit tekanan darah dan jantung.

Artikel Manfaat Tidur Siang Menurunkan Tekanan Darah Mencegah Stres ini dipersembahkan oleh TDWClub.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar